Cetak

Belajar asyik otomotif bersama millealab dengan virtual reality

posted by: Dessi Fitriani
Dilihat: 1040

akto botak

SMKN 7 KOTA SERANG terletak di Jl. Kampung Baru, Cipocok Jaya, Panancangan, Serang Sub-District, Panancangan, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten 42124 dekat terminal kota serang. Salah satu juruannya yaitu Teknik Kendaraan Ringan Otomotif.

            Teknik kendaraan ringan otomotif lebih menfokuskan pada kendaraan mobil baik mesin, rangka dan juga kelistrikan kendaraan mobil. Saya saat ini mengajar di kelas X TKR dan mencoba memperkenalkan dunia otomotif yang lebih mengasyikkan menggunakan virtual reality.

            Pada hari pertama saya mencoba memperkenalkan apa itu virtual reality dalam dunia otomotif. Melalui teknologi virtual reality dalam dunia otomotif dapat berupa aplikasi, pengguna dapat mengidentifikasi mesin maupun peralatan yang perlu dipelihara secara rutin. Virtual reality juga dapat mempelajari fungsi maupun komponen yang terdapat pada kendaraan mobil. Selain itu juga teknologi virtual reality juga memungkinkan pengguna untuk mengetahui anatomi mesin kendaraan mobil.

            Siswa SMKN 7 kota serang sangat senang diperkenalkan teknologi baru virtual reality dalam pembelajaran otomotif. Mereka mencoba baik cara pemasangan dan juga penggunaannya yang sudah ada. Dalam penjelasannya saya mencoba memperkenalkan aplikasi millealab untuk mengetahui cara-cara pembuatan virtual reality.

Virtual reality di dunia otomotif yaitu simulasi dalam pemeliharan ban sangat memudahkan peserta didik untuk untuk mengetahui memelihara kendaraan. Mereka juga dapat memahami cara perawatan ban kendaraan ketika melakukan spooring, ada tiga komponen yang disetel pada kaki-kaki kendaraan yaitu camber, sudut caster, dan toe sehingga peserta didik dapat mengetahui arti dari setelan sudut caster, camber dan toe.

Peserta didik sangat antusias dalam penggunaannya alat virtual reality ini. Sehingga apa yang di jelaskan semakin asyik dan menarik terutama pada materi kendaraan ringan otomotif. Kepala sekolah sangat mengapresiasi inovasi penggunaaan virtual reality ini sehingga kedepannya berharap ada lompatan pembelajaran yang lebih baik dalam kurikulum di sekolah SMKN 7 Kota Serang.